Kamis, 21 September 2017

Tantangan 10 Level #8 H8

Beralih ke dunia pelayanan masyarakat (pemerintahan) membuat saya sedikit kaget. Ada beberapa hal yang menurut saya berbeda dari yang pernah saya dapatkan sebelumnya. Dari ketertiban, kedisiplinan para karyawan dan kepatuhan terhadap sop, semua masih merangkak. Memang untuk pelayanan ke masyarakat kita tidak setega di swasta. Dahulu kala jika pasien tidak bawa uang ya tidak bisa kita layani, sekarang entah bagaimana caranya kita tetap melayani.

Cerita tentang pelayanan ini, saya sendiri merasa sedikit bersalah karena tega dengan anak pkl. Anak ini mengeluhkan sakit dan ada yang menyarakan untuk periksa di tempat kami. Tetapi karena tidak punya jaminan akhirnya harus umum/bayar. Teman ada yang nanya gimana mau ditarik atau tidak? Saya dengan sedikit tega mengatakan tarik aja, toh biayanya tidak begitu mahal. Cuma 10.800 sudah dapat obat plus diperiksa oleh dokter. Kasihan juga anak pkl, tapi ya memang harus ditegasi. Pertimbangannya karena menghargai profesi masing-masing, juga untuk obat sendiri saat ini penjatahan dari gudang farmasi jauh berkurang sehingga harus beli mandiri. Cuma 'obat' tapi itu juga ada nilainya, bahkan kalau di swasta obat hilang satu butir saja kita harus ganti. Berbeda di ranah pemerintahan, belum setegas swasta. Perjalanan waktu yang akan membenarkannya, kita tunggu saja tanggal mainnya. Karena BPK mulai menaruh perhatian padanya.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar