Rabu, 20 September 2017

Tantangan 10 Level #8 H7

Kebiasaan saat menjadi anak kos sedikit banyak berpengaruh, dan salah satu kebiasaan yang menurut saya baik adalah menanyakan harga sebelum membeli sesuatu.

Sore ini saya dikabari kalau ibu dan bapak jadi pergi ke luar kota. Karena tak terencana ibu tidak menyiapkan lauk untuk adek, dan adek pun mengabari kalau di rumah tidak ada lauk. Saya saat itu sedang menemani teman untuk kunjungan ke rumah-rumah dan kebetulan pas sampai di pucuk gunung, jadi tidak memungkinkan untuk segera pulang. Dalam kondisi lelah setelah seharian bekerja dan berkeliling gunung, saya pun memutuskan untuk membeli lauk saja yang lebih praktis. Saya pun bertanya kepada ibu penjual harga satu porsi lauk itu berapa, dan setelah selesai disiapkan bisa langsung saya bayar. Seperti telah saya katakan tadi kebiasaan ini bermula semenjak jadi anak kos.

Dahulu karena jadi anak kos keuangannya harus benar-benar dihemat maka setiap beli sesuatu tanya dulu karena takut uangnya tidak cukup. Selain itu juga untuk mencegah dibohongi penjualnya. Pernah suatu kali saya beli angkringan, dari harga yang biasanya berapa ribu pas kebetulan saya beli kok jadi beda harganya dan saya pun meminta penjualnya untuk menghitung kembali total biaya dan setelah dihitung ulang memang benar hitungan saya. Sebenarnya tidak boleh berprasangka kepada orang lain, maka untuk mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan alangkah lebih baik kalau kita tanya dahulu. Mungkin ada yang berfikir 'cuma beli seperti itu saja kenapa tanya-tanya dulu, langsung beli saja beres' . Tapi bagi saya itu berguna untuk memprediksikan total uang yang akan saya belanjakan, jangan sampai berlebihan (kalap belanja) atau pemborosan.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar