Rabu, 02 Agustus 2017

Tantangan 10 Hari Level 6 #H7


Hari pertama diawal bulan Agustus. Berita tentang kunjungan BPK telah beredar di grup wa, persiapan pun juga sudah dilakukan. Walau kunjungan kali ini tidak ditujukan langsung ke bagian kami, persiapan juga sudah kami usahakan.
Teringat dahulu ada cerita, kalau ada selisih antara persediaan barang/obat dengan kartu stock saja menjadi masalah. Untungnya hari sebelumnya akhir bulan, paling tidak stock barusan dihitung dan dicocokkan.
Menghitung jumlah fisik kemudian mencocokkan dengan kartu pencatatannya sudah berjalan setiap hari. Pekerjaan yang memakan waktu, namun tetap harus dilakukan. Yang menjadi tantangan adalah menghitung persediaan yang ada di unit karena banyak personel yang terlibat, ada yang telaten ada yang cuek. Terkadang ada pengeluaran tapi lupa/ tidak sempat didokumentasikan. Inilah yang kemaren jadi temuan BPK, karena stock unit tidak dimasukkan dalam laporan bulanan. Sempat heran sih pas awal masuk, tapi memang meringankan kalau tidak dihitung 😅.
Ya memang seharusnya dihitung, bahkan satu butir obat pun memang harus dipertanggungjawabkan karena itu menggunakan dana negara. Potensi untuk disalahgunakan pasti ada. Adanya audit BPK memang besar perannya. Selain menjaga kemanfaatannya sampai ke masyarakat juga mengawasi agar kinerja para pelaku agar sesuai aturan.
Menghitung dan menghitung, ternyata tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Semoga selalu dimudahkan 😊 Aamiin.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar