Rabu, 01 Maret 2017

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian Day #3

Tentang Kemandirian psikologis.
"principles over harmony" melakukan hal-hal yang benar semata-mata karena prinsip.
Ilmu baru yang saya dapatkan dari materi kuliah bunda sayang. Mencocokkan dengan teori ini, saya sendiri merasakan sangat besar pengaruhnya di hari ini. Dahulu kala sewaktu awal saya masuk di ranah publik, sempat bersitegang dengan salah satu teman gegara mempertahankan 'prinsip'. Bahwa semua yang keluar harus sesuai jalurnya, tidak hanya asal ambil. Satu hal lagi yang membuat saya kekeh bertahan, apa yang diambil itu ada hak orang banyak. Bahasa simpelnya mau untung tanpa keluar modal.
Kesalahan saya waktu itu, bahasa yang saya gunakan terlalu menggebu-gebu, khas anak muda yang idealis dan belum mengenal komunikasi produktif. Belajar dari itu semua, saat ini saya masih bertahan agar prinsip atau aturan tetap ditegakkan namun tetap bermain cantik. Seperti hari ini, teman-teman sudah paham jika mereka membutuhkan maka dengan sendirinya mengikuti jalur yang seharusnya, tidak pasang kompas seperti dulu lagi. Saya pun lebih terbantu dengan administrasi yang lengkap sehingga semua bisa direkap dan ditelusur.  Teman-teman lain yang longgar dengan prinsipnya harus jatuh bangun dalam mengerjakan laporan ini.

"Jangan takut berkonflik jika kita benar, namun alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan komunikasi produktif sehingga sinergilah yang akan tercipta"

#hari3
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar