Senin, 27 Februari 2017

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian Day #2

'Senin' hari pertama di awal pekan, setelah rehat sejenak saatnya kembali lagi pada rutinitas harian di ranah publik. Masih dengan tema mengurus diri sendiri, hari ini saya belajar tentang merapikan sesuatu setelah menggunakan. 'Sesuatu' disini banyak artinya, baik itu benda, peralatan, pakaian, dll. Setelah kita selesai menggunakan peralatan ataupun yang lain tidak serta merta dilanjutkan dengan kegiatan untuk membereskannya. Hal ini butuh pembiasaan, bahkan mungkin harus diajarkan. Pengaruh pola asuh yang sangat melindungi buah hatinya untuk beres-beres ataupun mengandalkan khadimat yang akan membereskannya (sebagai tugas mereka) bisa berlanjut sampai dewasa.
Hari ini saya melihatnya, setelah selesai makan teman-teman saya langsung pergi begitu saja. Mungkin karena kesibukan mereka, mungkin juga karena rapatnya di aula yang memang bukan tempat makan sehingga setelah selesai rapat ya mereka pergi saja. Toh nanti juga akan ada yang membereskan. Saya yang melihatnya kok kurang nyaman, walaupun nanti akan ada yang membereskan tapi alangkah lebih baiknya jika kita mencoba untuk membantu mengumpulkannya,  memisahkan sampah dan piring kotor tidak ditinggalkan begitu saja. Bakat serving pun muncul disini, perlahan saya kumpulkan dan mencoba membereskannya. Dari sini saya belajar, betapa pentingnya berlatih kemandirian agar tidak menjadi beban orang lain.

#hari2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar