Minggu, 05 Maret 2017

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian Day #7

Proses panjang belajar kemandirian, hari ini mencoba melatih unit lain untuk mandiri agar tidak tergantung kita. Selama ini setiap keperluan berusaha kita cukupi, jadi mereka tinggal memakai. Kalaupun ada yang terlewat mereka baru mengingatkan. Tak mudah memang, karena personelnya punya berbagai karakter. Ada yang habis baru meminta, ada yang diam saja sampai yang lain mau memakai tidak ada baru bilang, ada juga yang rajin.
Melatih kemandirian ini sebenarnya sudah dimulai jauh-jauh hari namun belum berhasil. Sekarang karena ada tekanan dari pihak luar, mau tidak mau mereka harus belajar mandiri. Kita juga tidak bisa langsung melepas, tetap memantau mungkin ada beberapa hal yang terlewat karena belum hafal kondisi.
'Tekanan' sebenarnya hal yang tidak baik, namun kadang jika tidak ada maka kemandirian itu tidak bisa dijalankan. Semoga seiring berjalannya waktu, tekanan ini bisa berubah menjadi habit dan kemauan dalam diri untuk mandiri dan tidak bergantung atau 'njagakke' (kalau bahasa kita) orang lain. Berproses kembali, menjadi insan yang lebih baik.

#hari7
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar